Monday, November 14, 2005

mulailah dari yang mudah...

aduuuhhhh.....
dari pagi dah diajak rapat, eh ampe jam 12 baru kelar.
blum ada makan siangnya lagi...:(
kelaparan lah yang terjadi sekarang.

karena terlalu banyaknya masalah yang kita hadapi, kita harus menggunakan skala prioritas.
dengan skala prioritas tersebut, kita bisa memulai mencoba menyelesaikan setiap permasalahan yang kita hadapi.
ada beberapa orang yang lebih memilih memulai dengan masalah yang terpenting, tidak peduli apakah masalah tersebut rumit dan bisa diselesaikan (dalam waktu yang tersedia) apa tidak.
begitu juga sebaliknya, ada yang memulai dari yang mudah, tidak peduli apakah masalah tersebut penting atau tidak, yang penting bisa mudah dan cepat diselesaikan, syukur-syukur kalo ternyata masalah yang mudah tersebut ternyata juga penting.

setiap orang memang punya pertimbangan masing-masing, bagaimana menyelesaikan setiap permasalahan yang dihadapi.
resiko yang dihadapi orang yang memilih mencoba menyelesaikan masalah yang terpenting adalah tidak selesainya semua masalah karena ternyata masalah yang terpenting tersebut sangat rumit sehingga waktu yang tersedia tidak mencukupi untuk memecahkan masalah tersebut.
sehingga akhirnya orang tersebut tidak menyelesaikan satu pun masalah yang dihadapi.
jangankan masalah yang penting dan rumit tersebut bisa diselesaikan, masalah yang mudah pun tidak terpecahkan karena semua waktu sudah habis digunakan untuk memecahkan masalah yang rumit tersebut.

begitu juga sebaliknya, orang yang memulai dengan yang mudah, belum tentu bisa menyelesaikan masalah yang penting dan rumit tersebut.
tetapi karena dia mulai dari masalah yang mudah, paling tidak bisa menyelesaikan masalah yang mudah dan mungkin juga tidak penting.
paling tidak masih ada masalah yang mereka pecahkan dengan memulai dari yang mudah, masih ada poin yang berhasil diraih, sekecil apapun poin tersebut.

jadi anda memakai prioritas yang mana jika menghadapi permasalahan seperti itu?

alhamdulillah, makan siang dah ada.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home