Friday, November 11, 2005

"substance over form"

masih terlalu banyak orang yang menganggap selembar kertas berstempel lebih sahih daripada isi otak seseorang.
padahal semua orang berubah seiring dengan berputarnya waktu.
wait, tunggu dulu, apakah waktu itu berputar??
sepertinya waktu tidak berputar, waktu hanya berjalan maju dan lurus tanpa pernah mundur dan berbelok.
ya, waktu terus berjalan maju dan lurus.
kalaupun ada ilmuwan yang berhasil menciptakan mesin yang bisa mengatur jalannya sang waktu, saya yakin ilmuwan tersebut akan menjadi orang terkaya di dunia karena banyaknya permintaan akan hasil temuannya.
ya, saya yakin banyak orang yang ingin melakukan perjalanan ke masa silam dengan apapun alatnya dan berapapun biayanya karena berjuta-juta alasan yang bisa sama tetapi kebanyakan berbeda, karena masing-masing individu adalah unik.
wah, kenapa saya jadi ngelantur membahas waktu?
padahal rencana semula, sesuai dengan kalimat pertama tulisan ini, saya ingin membahas banyaknya orang yang mengutamakan sertifikat tertulis yang dimiliki seseorang daripada kemampuan orang tersebut.
kalau dalam ilmu auditing yang saya pelajari, ada istilah "substance over form" , tetapi yang terjadi disini sepertinya sebaliknya "form over substance".
yah, mungkin memang seharusnya begitu.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home