Wednesday, February 15, 2006

SUTET tidak berbahaya !!

Jaringan listrik itu memang mampu membangkitkan medan listrik dan medan magnet. Desis konduktornya, rambut yang berdiri pada bagian badan tertentu ketika berada di dekatnya, atau mungkin lampu neon dan test-pen yang menyala redup adalah bukti adanya paparan atau pajanan medan elektromagnet itu.
Sekarang problemnya, apakah SUTET, yang menjadi bagian dari sistem transmisi listrik sejauh lebih dari 2.300 kilometer milik PT Perusahaan Listrik Negara, benar bisa sebahaya di atas? "Dari penelitian yang kami lakukan sepuluh tahun lalu, tidak," kata Corrie Wawolumaya dari Bagian Ilmu Kedokteran Komunitas Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia di sela-sela "Diskusi Panel tentang Permasalahan Penggunaan SUTET dalam Sistem Ketenagalistrikan di Indonesia" di gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi kemarin.
Corrie menjelaskan, dalam penelitian pada 1996, dia melakukan sistem zonasi permukiman di bawah dan sekitar lokasi jalur hingga jarak lebih dari 30 meter. Corrie dan timnya mengkaji mulai pengaruh terhadap sel, jaringan, sampai kelompok manusia. Hasilnya, menurut Corrie, tidak ditemukan hubungan antara kanker leukemia yang diderita anak-anak dan SUTET seperti yang ditakutkan. "Kami memang akan meng-update hasil itu, tapi sampai saat ini kesimpulannya (SUTET) tidak berbahaya," katanya.

selengkapnya, baca "(Ada) Kehidupan di Bawah Kabel Besar", koran tempo rabu 15 februari 2006, atau klik http://korantempo.com/korantempo/2006/02/15/Ilmu_dan_Teknologi/

0 Comments:

Post a Comment

<< Home