Saturday, March 18, 2006

hanya biru?

kalo yang gw liat, rasakan, tau, pahami, punyai ato gw alami hanya biru, lalu bagaimana gw harus menulis, bercerita tentang putih, kuning, hitam, abu-abu ato apapun yang lain selain biru?
Gw ga akan bisa menceritakan sesuatu yang ga gw ketahui, meskipun mungkin dengan susah payah bisa gw bayangin tetapi ga terjamin kebenaran dari hasil bayangan itu. Nanti kalo ada yang ga suka karena bayangan gw salah tentang sesuatu yang ga gw ketahui trus ada yang nuntut gw gimana? Subversif lah, provokatif, pencemaran nama baik, mengancam keutuhan NKRI ato ribuan istilah lain yang mungkin belum pernah terbayangkan apa itu.
Padahal apalah artinya nama baik kalo itu hanya sekedar nama, kenapa bukan para pencemar lingkungan itu yang dituntut? Kenapa mereka yang mengacak-acak keutuhan hutan tropis justru dengan tenang menikmati kenyamanan mobil mewahnya di tengah kepadatan lalulintas ibukota? Dan juga mengisi istana yang tersebar di mana-mana dengan puluhan gundiknya, ato juga mengekspor uangnya tanpa kena pajak.
Mungkin memang benar ini bangsa kanibal *), benar-benar NKRI, Negara Kanibal Republik Indonesia.
kok jadi ngelantur ya? oke, sekarang kembali ke masalah kenapa postingan gw akhir2 ini selalu haru biru.
kalo yang gw pahami hanya biru, yang gw rasakan hanya biru, yang gw punya hanya biru, dunia gw hanya biru (masih mending SGA ya dunianya masih punya dua warna, hitam dan putih), maka yang bisa gw berikan, ceritakan, tulis atau gw sampaikan ya sebatas biru. meski gw juga pernah merasakan dunia yang warna-warni dan dulu gw bisa dengan mudah memberikan, menceritakan, menuliskan atau menyampaikan sesuatu yang warna-warni seperti pelangi.
sekarang ingatan gw tentang warna-warni dunia itu terlalu sedikit dan tak berani ambil resiko memberikan, menceritakan, menuliskan atau menyampaikan sesuatu yang hanya samar-samar tersisa di benak gw.
walah, jawabannya ngelantur lagi kan...
jadi intinya untuk sementara (atau selamanya?) yang bisa gw posting ya sebatas biru saja, entah warna lain kapan menyusul...

............................
*) "bangsa kanibal" by
  • yati
  • 0 Comments:

    Post a Comment

    << Home