Tuesday, May 02, 2006

HARDIKNAS

tadi pagi gw ikut upacara hardiknas di kantor. dan yang disampaikan pembina upacara dalam pidatonya hanyalah sebatas angan-angan, selalu indah seperti sering diimpikan semua anak negeri. ironis dengan kenyataannya.
dari gw SD sampai sekarang gw kerja di lembaga pendidikan, tidak ada perubahan berarti dalam sitem pendidikan nasional. hitung saja kalo mampu berapa anak usia sekolah yang tidak bisa mengecap pendidikan di sekolah. beberapa orang yang tersentuh dengan keadaan itu mendirikan sekolah-sekolah gratis seperti yang dilakukan butet manurung dengan SOKOLA RIMBAnya, dan masih ada beberapa orang lain seperti dia. mereka melakukan tindakan nyata dengan mewujudkan pendidikan gratis untuk orang-orang yang tak mampu menembus gerbang tinggi sekolah-sekolah formal--meskipun akhir-akhir ini ada beberapa pemda yang menyediakan sekolah gratis buat warganya, mungkin mereka masih punya sedikit rasa malu kalah dengan seorang butet manurung.
lihatlah nasib guru-guru di penjuru negeri, sungguh menyedihkan. selalu saja ada sebagian dari murid mereka yang akhirnya menjadi pemimpin-pemimpin negeri yang sayangnya tidak memberikan reward seperti layaknya. gw tau nasib guru di negeri ini seperti apa karena gw anak seorang guru SD. sebagian mantan murid guru-guru itu yang sudah menjadi pejabat justru justru dengan teganya memotong sebagian gaji guru-guru yang sudah sangat minim.
tetapi gw masih belum bisa juga melakukan perbuatan nyata seperti seorang butet manurung--gw masih sebatas kagum dengannya dan orang-orang seperti dia. gw juga masih sebatas mengamini do'a yang dipanjatkan dalam upacara, setidak-tidaknya kami masih mempunyai keinginan memajukan negeri ini dengan bercita-cita mewujudkan pendidikan yang bermutu untuk mencetak sumber daya manusia yang tangguh dan kompeten.
selamat hardiknas!!!
terima kasih untuk semua guru-guru yang pernah ada, baik guru formal maupun informal. salut untuk ketulusan yang diberikan.

1 Comments:

Blogger lavender said...

udah lama gak ikutan upacara...
Thanks very big buat guruku semua yah...

12:38 PM  

Post a Comment

<< Home